Klasifikasi Udang dan Daur Hidupnya

Klasifikasi Udang dan Daur Hidupnya - Dalam artikel ini, Team Biologijie akan membagikan informasi tentang klasifikasi udang. Dimana yang kita ketahui udang merupakan salah produk perikanan yang paling banyak dikonsumsi karena kandungan dalam udang mempunyai zat gizi yang sangat tinggi. Sangat banyak jenis udang, udang di laut beda dengan udang yang hidup di rawa atau sungai.

Udang

KLASIFIKASI UDANG
Kingdom : Animalia
Filum : Arthropoda
Kelas : Crustaceae
Sub Kelas : Malacostraca
Ordo : Decapoda
Family : Palaemonoidae
 Penaeidae
Genus : Macrobranchium
              Caridina
               Penaeus
                Metapenaeus 

Tubuh udang dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kepala dan bagian badan. Bagian kepala menyatu dengan bagian dada disebut cephalothorax yang terdiri dari 13 ruas, yaitu 5 ruas di bagian kepala dan 8 ruas di bagian dada. Bagian badan dan abdomen terdiri dari 6 ruas, tiap-tiap ruas (segmen) mempunyai sepasang anggota badan (kaki renang) yang beruas-ruas pula. Pada ujung ruas keenam terdapat ekor kipas 4 lembar dan satu telson yang berbentuk runcing.

Baca Juga: Morfologi Udang 

Daur Hidup Udang

Daur hidup udang meliputi beberapa tahapan yang membutuhkan habitat yang  berbeda pada setiap tahapan. Udang melakukan pemijahan di perairan yang relatif  dalam. Setelah menetas, larvanya yang bersifat planktonis terapung-apung dibawa  arus, kemudian berenang mencari air dengan salinitas rendah disekitar pantai atau  muara sungai. Di kawasan pantai, larva udang tersebut berkembang. Menjelang  dewasa, udang tersebut beruaya kembali ke perairan yang lebih dalam dan memiliki  tingkat salinitas yang lebih tinggi, untuk kemudian memijah. Tahapan-tahapan tersebut berulang untuk membentuk siklus hidup. Udang penaeid dalam  pertumbuhan dan perkembangannya mengalami beberapa fase, yaitu nauplius, zoea,  mysis, post larva, juvenile (udang muda), dan udang dewasa (Fast dan Laster, 1992). 

Menurut Rizal (2009), setelah telur-telur menetas, larva hidup di laut lepas  menjadi bagian dari zooplankton. Saat stadium post larva bergerak ke daerah dekat  pantai dan perlahan-lahan turun ke dasar di daerah estuari dangkal. Perairan dangkal  ini memiliki kandungan nutrisi, salinitas dan suhu yang sangat bervariasi  dibandingkan dengan laut lepas. Setelah beberapa bulan hidup di daerah estuari,  udang dewasa kembali ke lingkungan laut dalam dimana kematangan sel kelamin,  perkawinan dan pemijahan terjadi. 



 

Ditulis Oleh : Unknown ~ Biologijie

Surahman Basri Anda sedang membaca artikel berjudul Klasifikasi Udang dan Daur Hidupnya yang ditulis oleh BIOLOGY SMART yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BIOLOGY SMART

1 komentar:

Back to top